Shared
Kontak Kami

Yang Perlu Dilakukan Ketika Ban Tertusuk Paku & Jangan Lupakan Tekanan Angin Ban Serep

Sebagai pengendara, kita tentu sering mengalami ban kempes di jalan. Dan rata-rata kasus yang terjadi ialah tertusuk paku saat melaju di jalan. Meskipun ban mobil sudah menggunakan teknologi tubeless, namun jika tertusuk paku, ada cara yang tepat untuk menanganinya.

Memang penggunaan ban tubeless ini lebih baik ketimbang tubetype ketika terkena paku. Pasalnya, dengan teknologi yang disematkan pada ban tersebut, apabila tertusuk paku maka angin yang ada di dalam ban tidak langsung keluar semua.
Sebaliknya, jika menggunakan ban tubetype, jika tertusuk paku maka angin yang mengisi ruang ban dalam akan habis seketika.

Namun, bagaimana cara yang tepat untuk menangani ketika ban tertusuk paku? Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk menangani situasi seperti itu menurut Hankook Indonesia.
Sebagai alternatif, dalam hal ini penggunaan cairan antibocor memang bisa membantu untuk meminimalisir angin yang keluar akibat ban tertusuk paku. Pasalnya, ketika ada lubang yang menghantam ban, cairan yang sudah dimasukkan ke dalam ban ini akan mengisi celah tersebut.

Dengan begitu, saat paku dicabut pun cairan tersebut akan membantu menjaga tekanan angin pada ban tetap normal. Namun, penggunaan cairan ini masih menjadi pro dan kontra. Salah satu alasan tidak disarankan adalah, dapat membuat bagian dalam pelek rusak akibat pH dari cairan tersebut.

Ketika kondisi ban mobil terkena paku, salah satu cara yang harus dilakukan adalah mencabut paku tersebut. Meski banyak informasi yang berbedar jangan langsung dicabut agar tidak kehilangan angin, hal tersebut bukan alasan yang tepat.
Adapun tujuan mencabut paku dari ban adalah untuk meminimalisir robekan ban agar tidak semakin membesar. Ketika paku didiamkan terlalu lama dan mobil terus berjalan jauh, maka celah dari dinding ban yang bolong tersebut akan semakin lebar.

Cara berikutnya ketika ban tertusuk paku adalah segera masukkan mobil ke bengkel untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. Hal ini ditujukan agar ban tersebut mendapat penanganan yang tepat dan performa ban tidak menurun akibat tertusuk paku tersebut.

Namun ada hal lain pula yang perlu dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang di jelaskan sebelumnya. Selain keempat ban utama pada mobil, ban serep pun memiliki peranan yang tidak kalah penting. Ban serep merupakan ban cadangan yang diperlukan saat ban utama bermasalah. Posisinya yang kadang sembunyi, menjadikannya kerap diabaikan oleh pengguna mobil.

Perlu diingat, tekanan angin ban serep berkurang per bulannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan. “Prinsipnya tekanan angin pada ban serep itu akan berkurang 1 sampai 2 PSI per bulannya,” ujar Abeng ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (2/10).
Namun jika Anda malas untuk mengecek tekanan angin ban serep secara berkala, jangan khawatir. Isi tekanan angin ban serep berlebih pun tak masalah. “Justru diisi anginnya hingga 50 sampai 60 PSI tidak masalah. Ban yang sifatnya disimpan tekanan anginnya berapa saja tidak akan berbahaya,”tambahnya. Masih menurut Abeng, ban serep jangan dibiarkan sampai kempes karena akan merepotkan sewaktu dibutuhkan. “Karena ban cadangan yang kempes karena akan merepotkan sewaktu dibutuhkan,” tutup Abeng.

Jadi, jangan pernah sepelekan kehadiran ban serep yang sembunyi di mobil Anda, ya.

 

Sumber Artikel :

https://otodriver.com/tips/2021/1

https://otodriver.com/tips/2021/2

Sumber Gambar :

https://www.sunmotor.com/wp-content/uploads/Untitled-2.jpg

-itdivaim