Shared
Kontak Kami

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Ban dan Bagaimana Cara Memperpanjang Umur Pakai Ban?

Sebagai satu-satunya peranti yang menghubungkan kendaraan dengan permukaan jalan, ban tentu jadi salah satu komponen penting. Karena itu jangan mengabaikan kondisinya, termasuk waktu pergantian ban.Selain mengecek tekanan angin secara berkala, yang perlu untuk diperiksa oleh pengendara secara berkala adalah kedalaman tapak/kembangan ban. Hal ini penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti ban.

Menurut temuan survei Michelin Indonesia beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa 75 persen pengendara mengganti ban apabila mereka telah melihat adanya keausan pada ban atau saat ban telah mengalami kerusakan. Rata-rata pengendara yang disurvei menyatakan mengganti ban dilakukan setiap 2-4 tahun sekali. Sebagian besar pengendara juga menyatakan puas dengan performa ban kendaraan yang dipakai.Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi dalam keterangannya menambahkan umur pakai dan jarak tempuh sebuah ban tergantung dari kombinasi beberapa faktor.

Seperti desain, kebiasaan berkendara, cuaca, kondisi jalan dan perawatan yang dilakukan terhadap ban tersebut. Karena itulah pengendara disarankan memeriksa kedalaman tapak/kembangan ban secara berkala. “Tidak banyak pengendara yang tahu bahwa batas kedalaman tapak ban yang aman adalah 1,6 mm. Jika kurang dari ini maka sudah waktunya mengganti ban,” ujarnya. Setelah melewati masa 10 tahun setelah tanggal produksi, maka ban sebaiknya diganti meskipun bagian luar ban tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Hal yang sama juga berlaku untuk ban cadangan.

Secara singkat berikut cara yang perlu dilakukan agar dapat memperpanjang umur ban :

1. Cek ketebalan tapak ban

Perhatikan apakah terjadi keausan yang tidak wajar atau benda asing pada tapak/kembangan ban

2. Periksa tekanan ban

Tekanan angin ban yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ban cepat mengalami keausan. Carilah informasi mengenai rekomendasi tekanan ban kendaraan Anda. Direkomendasikan untuk melakukan pengecekan setiap dua minggu.

3. Pastikan pentil ban ada ditempatnya

Untuk menghindari hilangnya tekanan, perhatikan apakah ada kerusakan.

4. Penjajaran roda

Sejajarkan roda untuk pemakaian ban yang merata.

5. Rotasi ban

Rotasikan ban untuk pemakaian yang lebih merata.

 

Sumber Artikel : 

https://otodriver.com/tips/2021/1

https://otodriver.com/tips/2021/2

Sumber Gambar : 

https://otodriver.com/image/load/749/421

 

-itdivaim