Shared
Kontak Kami

Perawatan Lampu Agar Tahan Lama dan Membersihkan Mika Lampu yang Kusam

Lampu menjadi komponen penting kendaraan untuk menjadi penerang di kala malam. Untuk itu, perawatan rutin dianjurkan agar tetap awet. Lantas bagaimana cara merawat lampu agar bertahan lebih lama? Menurut Wira Sentosa owner dari SACS, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam perawatan. "Pastikan lampu yang dipasang atau diganti sesuai peruntukannya, baik dari sisi spesifikasi maupun tipe lampu itu sendiri," katanya, saat dihubungi OtoDriver.com. Lebih lanjut Wira mengatakan pengguna kendaraan juga bisa mengganti atau upgrade lampu dengan merek (kualitas)yang baik. Selain itu hindari menyiram air langsung ke bagian lampu utama. "Jangan menyiram air langsung baik saat panas terik maupun panas lampu karena dapat menjadikan kondensasi atau mengembun," tambahnya. Terakhir ia menyarankan untuk parkir mobil di tempat yang teduh guna menjaga keawetan muka lampu. Tujuannya agar tidak mudah menguning, sebab kondisi tersebut tentu sangat menganggu. "Usahakan jangan di tempat yang terik, dan coba cari tempat teduh agar lampu tidak kusam," tutupnya.

Namun tidak menutup kemungkinan karena usia pakai mika lampu berubah warna menjadi kusam atau kuning, tentu sangat menjengkelkan bukan? Kondisi ini tentu sangat memengaruhi pencahayaan kendaraan ketika malam hari. Namun tenang saja, bagi yang mengalami masalah di atas bisa di atasi dengan beberapa cara, agar penerangan kembali optimal. "Kalau membersihkan mika lampu yang kusam itu biasanya ada cairan tersendiri," Fendi dari Ayoto, kepada OtoDriver.com baru-baru ini. Fendi menjelaskan pembersihan mika uang sudah menguning biasa diawali dengan pengamplasan menggunakan amplas 1000 dan 2000 untuk finishing. "Selain itu bisa dipoles atau nano burn coating," tambahnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Anda juga bisa menyiapkan kompon yang disimulasikan ke bagian mika. Pastikan tidak ada bagian mika yang terlewat. Ketika sudah diberikan olesan kompon, Anda bisa bersihkan dengan kain microfiber atau katun kemudian bilas sampai bersih dan keringkan. Agar lebih mengkilap, pastikan lapisi kaca atau mika lampu dengan wax secara menyeluruh ke seluruh bagian, dan pastikan bersihkan kembali dengan kain untuk memastikan mika kembali cerah. Seperti diberikan sebelumnya, banyak penyebab mika menjadi kusam, seperti sering terpapar sinar matahari hingga menggunakan lampu HID yang memang memiliki cahaya lebih terang.

 

Sumber Artikel : 
https://otodriver.com/tips/2022/catcjcjeama
https://otodriver.com/tips/2022/begcjchbsam
Sumber Gambar : 
https://b2c-cdn.id/e8f856738ace.jpg

-itdivaim