Shared
Kontak Kami

4 Cara Agar Terhindar Dari Tabrakan Beruntun

Kita sering menemui kejadian tabrakan beruntun di jalan tol. Dan mungkin malah sebagian besar dari Anda sudah merasakan pengalaman tidak menyenangkan tersebut.

Banyak hal yang berpotensi menimbulkan kejadian tabrakan beruntun di tol maupun di jalan umum. Oleh karena itu, terdapat empat tips atau cara untuk meminimalisir Anda dari tabrakan beruntun.

 

1. Fokus dan Waspada

Mengemudi mobil adalah kegiatan penuh waktu yang tidak bisa disambi dengan aktivitas lain supaya perhatian tetap fokus dan waspada hanya pada kondisi jalan di depan. Oleh sebab itu, simpan ponsel dan persiapkan segala kebutuhan mengemudi dengan baik.

 

2. Ikuti Aturan Kecepatan di Jalan

Masih banyak pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan kecepatan minimal dan maksimal di jalan sehingga memicu kecelakaan ditabrak dari belakang. Mobil yang terlalu pelan membuat kendaraan lain di belakang sulit mengantisipasi jarak dan laju mobil, sedangkan mobil yang terlalu kencang bisa berpotensi memicu kecelakaan jika gagal dikendalikan. Berjalanlah sesuai aturan dan kebutuhan, termasuk dalam memilih jalur yang sesuai kecepatan mobil di jalan multi lajur seperti jalan tol.

 

3. Jaga Jarak Aman Antar Mobil

Cara termudah adalah dengan teknik berhitung minimal tiga detik atau lebih dari tiga detik lebih baik lagi. Perhitungannya sederhana, bisa menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan, seperti tiang lampu penerangan jalan, dan mulai berhitung tiga detik. Ketika melintasi benda itu tepat masuk pada detik ketiga, maka jarak Anda termasuk aman. Bila masih kurang dari tiga detik dan benda itu sudah dilewati, berarti kecepatan mobil terlalu tinggi dan segera kurangi.

Harapannya, waktu 3 detik atau lebih cukup untuk merespons situasi darurat seperti ketika lampu rem mobil di depan tiba-tiba menyala. Waktu 3 detik atau lebih sebagai perhitungan reaksi pengemudi mulai dari mata melihat, anggota tubuh seperti kaki merespons dengan menginjak pedal rem, dan mobil bereaksi dengan melakukan pengurangan kecepatan.

 

4. Perawatan Kendaraan

Seperti diutarakan sebelumnya, butuh reaksi dari mobil agar dapat menghindari tabrakan beruntun, bisa dengan melakukan pengereman atau manuver menghindar. Untuk memastikan mobil sanggup bereaksi sesuai keinginan pengemudi, servis berkala secara rutin memegang peran penting untuk memastikan seluruh bagian mobil selalu dalam kondisi prima.

Untuk perawatan berkala kendaraan anda percayakan saja kepada Armada Mobil. Terlebih saat ini Armada Mobil masih mengadakan Promo Service Berhadiah. Promo ini di mulai pada 1 April 2020 sampai dengan akhir Maret 2021. ⁣Untuk syaratnya sangat mudah hanya service kendaraan kalian di seluruh Bengkel Armada Mobil baik Daihatsu maupun Isuzu, setelah Service kalian akan mendapatkan Kupon yang akan diundi pada akhir periode. 

Untuk Grandprizenya MOTOR HONDA GENIO. Semakin banyak Service, semakin besar kesempatan memenangkan Grand Prizenya.


      

 

Sumber Artikel : https://otodriver.com/tips/2021/1

Sumber Gambar : https://www.liputan6.com/regional/4373000

 

-itdivaim