Serangan karat pada bodi mobil memiliki sifat yang sangat merusak. Mirip penyakit kanker, karat sulit terdeteksi di tahap awal hingga akhirnya menjalar, merusak, dan sulit untuk diperbaiki. Sebelum karat menyerang bodi mobil, ada baiknya pahami dulu darimana sumber karat di bodi mobil. Sehingga dapat mencegah potensi timbulnya karat dikemudian hari. Serangan karat sulit untuk dideteksi dan berubah menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani.
Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam yang memiliki sifat merusak. Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain. Karat cepat menyebar jika tidak segera diatasi dan membuat kekuatan sasis menurun bila mengenai rangka mobil. Elektrolit berupa asam atau garam merupakan media yang pas untuk terbentuknya karat. Air hujan banyak mengandung asam, sedangkan air laut banyak mengandung garam.
Tidak heran bila mobil yang beroperasi dekat dengan laut atau sering terkena hujan dan jarang dibersihkan punya risiko terkena karat lebih besar, terutama kolong mobil. Kotoran yang menempel di bodi mobil akan mengeras menjadi kerak. Saat dibersihkan, kerak akan mengikis permukaan cat dan sebagai pintu masuk karat. Baret di bodi mobil merupakan penyebab karat selanjutnya lantaran hilangnya lapisan pelindung bodi mobil dan membuatnya rentan terkena karat jika tidak segera diperbaiki.
Sebelum karat menyerang lebih luas, ada baiknya mencegah timbulnya karat di bodi mobil. Caranya dengan menerapkan tiga langkah mudah, yaitu cuci mobil secara rutin. Pastikan petugas membersihkan seluruh area mobil, terutama bagian kolong yang paling rawan karat. Bagi yang senang mencuci mobil sendiri, hindari mencuci di bawah terik matahari atau di bawah pohon. Gunakan alat yang sesuai dan jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak. Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan lakukan inspeksi bodi mobil dari potensi karat. Ditandai oleh noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok. Dilanjut Langkah kedua, segera lakukan body repair. Meski hanya baret, jangan tunda untuk melakukan perbaikan bodi mobil yang rusak. Berikutnya langkah ketiga, gunakan lapisan anti karat. Sebab walau sebenarnya mobil baru sudah memakai lapisan anti karat, seiring waktu, ditambah beragamnya situasi dan kondisi pemakaian, lapisan tersebut bisa terkikis.
Beberapa titik dari mobil juga biasanya belum ada lapisan anti karat. Sebaiknya melakukan pemberian lapisan anti karat setiap 1 tahun sekali. Anti karat yang digunakan terbuat dari material Bitumen berwarna hitam untuk mencegah timbulnya karat dan meredam suara kendaraan. Karena berpotensi terbentuknya karat. Armada Mobil sebagai dealer resmi Daihatsu dan Isuzu menyediakan fasilitas Body Repair & Paint, yang memberikan kemudahan perbaikan body kendaraan anda, berikut daftarnya
ARMADA ISUZU MAGELANG
Phone: (0293) 365211, Fax: (0293) 365210
ARMADA ISUZU CILACAP
Phone: (0282) 543700
ARMADA ISUZU YOGYAKARTA
Phone: (0274) 563800, Fax: (0274) 563239
ARMADA ISUZU PURWOKERTO
Phone: (0281) 625111 Fax:(0281) 625333
ARMADA BODY REPAIR & PAINT JUANDA
Phone: (031) 8679099
ARMADA DAIHATSU MAGELANG
Phone: (0293) 3276898, Fax: (0293) 365219
ARMADA DAIHATSU CILACAP
Phone: (0282) 549050, Fax: (0282) 549042
ARMADA DAIHATSU PURWOKERTO
Phone: (0281) 625111 , Fax: (0281) 625333
ARMADA DAIHATSU SURABAYA
Phone: (031) 8420999 Fax:(031) 8484930
Sumber Artikel : https://otomotifnet.gridoto.com
Sumber Gambar : Dokumentasi Internal Armada Mobil
-itdivaim