Shared
Kontak Kami

Tips Merawat Mobil Berwarna Hitam dan Ancaman Parkir Di Bawah Pohon

Hitam masuk dalam daftar warna abadi yang jadi pilihan sebagai kelir eksterior dari sebuah mobil. Mobil dengan kelir hitam dinilai lebih elegan dibanding warna lain bagi beberapa pihak. Kendati demikian, perawatan ekstra dibutuhkan pada mobil warna hitam. Salah satunya berasal dari sabun atau shampo cuci mobil yang digunakan. Mengapa demikian?

“Jika mencuci mobil warna hitam sebaiknya gunakan sabun yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Karena sabun berkualitas rendah bisa menimbulkan flek dan lama kelamaan cat menjadi kusam,” ujar Asep selaku kepala mekanik bengkel detailing JC Auto Care ketika dihubungi oleh OtoDriver beberapa waktu lalu. Masih menurutnya, tidak hanya sabun, mencuci mobil berwarna hitam harus ekstra hati-hati saat pengelapan. Saat pengelapan pastikan bodi sudah diguyur dengan sabun. Karena jika tidak, otomatis muncul baret tambah Asep. Plus, jika ingin mencuci mobil berwarna hitam lebih maksimal, gunakan sabun dan wax. “Jika ingin hasil lebih maksimal, cuci dengan sabun. Tetapi setelah dicuci harus segera di-wax,” tutupnya.

Selain perawatan masalah parkir juga penting karena tak jarang pengguna mobil memilih memarkirkan kendaraannya di bawah pohon. Salah satu alasannya adalah agar terhindar dari paparan langsung sinar matahari guna menjaga suhu ruang kabin tetap sejuk. Akan tetapi, salah satu kendala jika mobil diparkir di bawah pohon adalah terkena tetesan getah. Masih banyak pemilik mobil yang mengacuhkan hal ini. Tetapi jangan salah, meski terlihat kecil dan sepele, namun kenyataannya kehadiran getah pohon ini bisa merusak cat mobil. Asep selaku pemilik bengkel detailing mobil JC Auto Car menjelaskan bahwa getah pohon bisa menjadi ancaman terhadap lapisan cat mobil itu sendiri.

“Ya betul, terkadang kita lupa bahwa getah pohon itu sebenarnya bersifat merusak cat mobil. Karena getah pohon mengandung zat organik yang bisa masuk ke pori-pori cat,” ungkapnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu. Masih menurutnya, jangan biarkan getah pohon menempel di atas permukaan cat mobil terlalu lama. “Getah pohon kurang lebih 3 jam akan menyerang pori-pori cat mobil. Kecuali bagian eksterior sudah di coating, mungkin lebih aman, tidak masuk ke pori-pori cat,” sambung Asep. Asep juga menjelaskan, baiknya jika ditemukan getah pohon menempel pada permukaan bodi mobil, baiknya langsung dibersihkan. “Jadi ada baiknya bila menemukan getah pohon pada cat mobil langsung dibersihkan dengan air bersih," tutup Asep.


Sumber Artikel :
https://otodriver.com/tips-merawat-mobil-berwarna-hitam
https://otodriver.com/ancaman-parkir-di-bawah-pohon

Sumber Gambar : 
https://carvaganza.com/