Shared
Kontak Kami

6 Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar Agar Awet

Memahami cara menyalakan AC mobil yang benar bisa membuat usia AC semakin awet serta tidak membebani kinerja mesin. Seperti yang diketahui apabila kinerja mesin lebih keras daripada sebelumnya, dapat mempercepat usia keausan komponen mobil lainnya. Lantas bagaimanakah cara yang benar? Untuk selengkapnya, perhatikan beberapa cara berikut.

Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar

Agar AC mobil awet, Anda perlu mengetahui cara menyalakannya yang benar. Berikut cara selengkapnya.

1. Nyalakan mesin mobil terlebih dahulu

Ketika Anda hendak menyalakan AC, pastikan Anda menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Ketika mesin mobil sudah menyala, Anda tidak boleh langsung menyalakan AC karena akan membebani kinerja mesin. Beban kinerja tersebut terjadi karena magnetic clutch bekerja lebih keras ketika putaran mesin rendah. Anda perlu menunggu 10 hingga 15 detik, agar kondisi mesin mobil mulai panas. Pastikan mesin dalam kondisi idling. Setelah itu, Anda baru boleh menyalakan AC.

2. Lakukan penyetelan suhu dan putaran fan

Bagi Anda yang parkir di area terbuka dan panas, sebaiknya nyalakan mesin mobil terlebih dahulu sebelum menyalakan AC. Pastikan mesin dalam kondisi idling ketika dipanaskan. Selanjutnya, Anda buka jendela mobil selama 20 detik agar suhu di dalam kabin yang terlalu panas dapat diturunkan. Selanjutnya, Anda perlu menyalakan blower AC selama 15 detik dengan posisi kaca jendela mobil terbuka.

Hal ini dapat membuat suhu kabin yang terlalu panas tersebut menjadi suhu ruangan. Dengan begitu kinerja AC tidak akan berat sehingga AC semakin awet. Setelah suhu kabin dirasa sudah tidak terlalu panas. Anda bisa menutup jendela mobil Anda, kemudian baru nyalakan kompresor AC.

Untuk penyetelan suhu AC, Anda bisa menyetel kecepatan angin atau blower di posisi rendah terlebih dahulu. Sementara suhu kompresor, Anda setel ke medium atau ke suhu yang Anda inginkan. Sedangkan untuk Anda yang memarkir mobil di garasi atau area tertutup. Anda perlu menyetel suhu AC ke setelan medium atau setara dengan 22 derajat. Pastikan kecepatan angin atau blower di level pertama.

3. Hindari membuka jendela mobil ketika AC dinyalakan

Agar AC Anda selalu awet, Anda wajib menghindari kebiasaan membuka jendela AC ketika AC menyala. Hal ini dapat menyebabkan kotoran dan debu dari luar mobil masuk ke dalam kabin. Akibatnya filter AC menjadi cepat kotor serta menyumbat filter sehingga membuat AC tidak dingin.

4. Hindari menyalakan AC ketika mobil dalam kondisi mati

Cara menyalakan AC yang tepat agar awet selanjutnya, Anda tidak disarankan menyalakan AC ketika mobil dalam kondisi mati. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC lebih cepat. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena mobil menganggap suhu di dalam kabin terlalu panas sehingga kompresor AC diperintahkan untuk bekerja lebih keras lagi.

5. Hindari menyalakan AC pada suhu maksimal

Cara menyalakan AC mobil yang tepat, juga tidak disarankan untuk menyalakan AC dengan suhu maksimal. Sebab kebiasaan tersebut, dapat merusak kinerja kompresor AC bila dilakukan dalam jangka panjang.

6. Hindari menyalakan AC secara langsung ketika kecepatan mobil tinggi

Cara terakhir, Anda tidak disarankan untuk menyalakan AC secara langsung ketika mobil dalam kecepatan tinggi. Hal ini perlu dihindari, karena pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, kecepatan mesin juga tinggi. Sedangkan kompresor AC posisi mati, sehingga ketika AC dinyalakan, kompresor harus bekerja sesuai dengan kecepatan mesin mobil. Kondisi ini dapat mempercepat usia keausan kompresor AC.

Demikian beberapa cara menyalakan AC yang tepat dan benar yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa lakukan perawatan AC mobil secara berkala di bengkel Daihatsu terdekat agar kenyamanan berkendara selalu terjaga.

Sumber Artikel dan Gambar : https://daihatsu.co.id/tips-and-event/